Rabu, 29 April 2015

PENANAMAN MODAL ASING UNTUK PEMBANGUNAN EKONOMI DI INDONESIA


Penanaman modal merupakan salah satu komponen dalam melakukan proses pembangunan suatu negara. Dengan adanya penanaman modal, dana pembangunan akan semakin meningkat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis variabel makroekonomi yang memiliki pengaruh nyata terhadap penanaman modal asing di Indonesia.

Penanaman modal asing dapat memberikan keuntungan cukup besar terhadap perekonomian nasional, misalnya menciptakan lowongan pekerjaan bagi penduduk tuan rumah sehinga dapat meningkatkan penghasilan dan standar hidup, menciptakan kesempatan bekerja sama dengan perusahaan lokal sehingga mereka dapat berbagi manfaat, meningkatkan ekspor sehingga meningkatkan cadangan devisa negara dan menghasilkan alih teknologi.
Sebagai negara berkembang, Indonesia tentunya masih memiliki banyak masalah yang umumnya dihadapi oleh negara-negara berkembang lainnya. Seperti mengurangi tingkat kemiskinan, mengatasi ketidak merataan pendapatan, mengurangi tingkat pengangguran, kecukupan pangan bagi seluruh warga negara, dan sebagainya.

Berangkat dari hal tersebut, Indonesia masih harus bekerja keras guna mengatasi permasalahan yang ada demi meningkatkan kesejahteraan penduduk. Salah satu cara adalah dengan memanfaatkan dana yang besar untuk melaksanakan pembangunan nasional. Pembangunan nasional ini akan digunakan oleh pemerintah untuk meningkatkan kesejahteraan dengan cara meningkatkan  jumlah lapangan pekerjaan yang tersedia, mengembangkan teknologi yang mutakhir, dan pembangunan secara merata di seluruh wilayah Indonesia. Namun, Indonesia masih belum mampu menyediakan dana pembangunan tersebut. Disamping berupaya untuk menggali pembiayaan dalam negeri, pemerintah juga mengundang sumber pembiayaan lainnya yaitu dari luar negeri, yang salah satunya adalah Penanaman Modal Asing Langsung


Tidak ada komentar:

Posting Komentar