Kamis, 26 Maret 2015

PERKEMBANGAN PERENCANAAN PEMBANGUNAN INDONESIA


Hallo pembaca blogger, disini saya akan membahas mengenai perencanaan pembangunan ekonomi di Indonesia. Salah satu konsep penting yang perlu diperhatikan untuk mengetahui perekonomian suatu negara. Pembangunan ekonomi itu sendiri erat kaitan nya dengan pertumbuhan ekonomi. Sebelum nya nih yang dimaksud dengan pembangunan ekonomi itu sendiri apa sih? Dari beberapa sumber itu sendiri mereka mengartikan pembangunan ekonomi adalah suatu proses kenaikan pendapatan total dan pendapatan perkapita dengan memperhitungkan adanya pertambahan penduduk dengan disertai oleh perubahan fundamental dalam struktur ekonomi suatu negara dan pemerataan pendapatan bagi penduduk suatu negara. Lalu apa sih manfaat yang diperoleh dengan adanya pembangunan ekonomi itu ? suatu pembangunan ekonomi di suatu negara bisa saja memberikan dampak positif bagi sebuah negara. Pembangunan ekonomi bisa sajakan meningkatkan kesejahteraan masyarakat nya dengan meluasnya lapangan pekerjaan, dimana peluang masyarakat akan lebih banyak sehingga mengurangi pengangguran itu sendiri.


Hal tersebut harus disesuaikan dengan kemajuan di negara tersebut pula. Misalnya kemajuan dalam bidang teknologi, bidang pendidikan, bidang ekonomi, bidang kesehatan dan budaya juga berdampak baik dalam hal pembangunan ekonomi suatu negara.

Dikutib dalam surat kabar harian, presiden terbaru kita Jokowi Dodo – JK siap menyusun rencana pembangunan pemerintah. Jokowi – JK untuk pertama kalinya akan membuka gelaran musyawarah perencanaan pembangunan nasional (Musrenbangnas). Gelaran ini untuk menyusun Rencana Pembangunan Nasional periode 2015-2019 atau pemerintahan Jokowi – JK. Sistem perencanaan pembangunan nasional dibuat sebagai tata cara perencanaan pembangunan untuk menghasilkan rencana rencana pembangunan dalam jangka panjang, jangka menengah, dan tahunan yang dilaksanakan oleh unsur penyelenggara negara dan masyarkat ditingkat pusat dan daerah.

Dalam rencana pembangunan nasional tersebut pemerintah harus bisa mewujudkan bangsa yang maju, mandiri, dan adil sebagai landasan bagi tahap pembangunan berikutnya juga untuk menanggulangi masalah kemiskinan dan pengangguran, mengurangi kesenjangan sosial, keberpihakan kepada masyarakat yang masih lemah, dan menyediakan akses dari berbagai pelayanan sosial serta sarana dan prasarana ekonomi sebab rakyat pun mempunyai hak, baik dalam merencanakan, melaksanakan, maupun menikmati hasil pembangunan. Pembangunan haruslah dilaksanakan oleh rakyat dan juga untuk rakyat dan oleh karenanya masalah keadilan merupakan ciri yang menonjol pula dalam pembangunan nasional.

Jadi, keberhasilan pembangunan suatu negara tidak hanya tergantung pada pemerintahan nya saja, melainkan upaya bersama antara pemerintah pusat, daerah, dunia usaha, dan masyarakat itu sendiri. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar